Breaking News

Musim Kemarau Bikin Pangkas Usia Filter Udara Motor


Intensif debu yang berlebihan saat masuk musim kemarau nyatanya berefek negatif pada elemen filter udara sepeda motor. 

Pada musim kemarau atau panas, mesin akan mengisap udara yang berdebu, yang selanjutnya akan disaring oleh filter udara. Itu yang selanjutnya membuat cepat kotor. Serta pemicu filter terusik itu saja. 

Mengenai, pabrikan mereferensikan pergantian filter udara setiap 16.000 km. Tetapi yang penting, keadaan filter harus dicek dengan teratur. 

Filter sebetulnya ada agenda perawatannya untuk dicek serta dibikin bersih. Tetapi butuh dilihat, buat type filter dengan viscous tidak dapat dibikin bersih, tetapi langsung ditukar saja sesuai dengan jadwalnya. 

Ya, filter udara memang mempunyai tiga type serta membutuhkan perlakuan yang berlainan. 

1. Urethane foam 
Filter udara pada motor ini mempunyai bahan yang sifatnya dapat digunakan kembali. Perawatannya dengan membersihkan filter ini dengan cairan spesial serta dikasih oli sebelum dipasang kembali. 

2. Dry paper 
Sesaat untuk type ini, dapat dibikin bersih dengan blow gun disemprot, serta dapat dipakai kembali tanpa ada butuh ditukar. 

3. Viscous paper 
Beda dengan dua type filter udara yang sudah disebut di atas, type yang satu ini tidak dapat dibikin bersih. Jadi saat telah masuk agenda penggantiannya, semestinya langsung ditukar. Tetapi umur filter udara motor ini termasuk cukuplah panjang.

Tidak ada komentar