Breaking News

Tips merubah kekhawatiran jadi daya positif


Tiap hari Anda hadapi dengan beberapa hal yang memunculkan rasa kuatir. Contohnya, menghadap bos, ikuti interviu kerja atau bersaing. Agar bisa melaluinya dengan lancar, rasa kuatir itu harus Anda menghilangkan. Bagaimana triknya? Baca panduan hilangkan serta merubah kekhawatiran jadi daya positif di bawah ini. 

“Mengalami kekhawatiran ialah hal yang lumrah,” tutur Dr. Gene Beresin, pendiri Clay Center for Healthy Young Minds di Massachusetts Hospital, seperti dikutip dari situs yang diurus oleh Harvard Medical School. 

Kekhawatiran ialah skema alarm badan supaya Anda jadi lebih siaga. Walau normal, kekhawatiran dapat ada pada saat yang tidak pas serta memunculkan reaksi terlalu berlebih. 

Orang dengan keadaan ini pasti kesusahan untuk jalani hidup normal bila kekhawatiran tidak teratasi. 

Walau bagaimanapun, orang dengan masalah kekhawatiran masih dapat hidup secara baik. Menurut satu studi yang diterbitkan pada jurnal Behaviour Research and Terapi, merubah kekhawatiran jadi daya serta pemikiran positif bisa kurangi kekhawatiran. 

Tersebut ada banyak panduan yang dapat Anda sontek untuk hilangkan serta merubah kekhawatiran jadi daya positif. 

1. Mengerti emosi Anda 
Telapak tangan yang berkeringat, perut kram, jantung berdetak kencang, serta napas cepat adalah sinyal kekhawatiran. Tanda-tanda ini mempunyai keserupaan saat Anda sedang semangat serta ketertarikan dalam satu hal. 

Bedanya, waktu Anda semangat serta ketertarikan dengan satu hal, ada perasaan bahagia menyelimutinya. 

Oleh sebab kekhawatiran serta rasa semangat diawali lewat cara yang sama, Anda tinggal putuskan untuk mengarahkan emosi itu jadi hal yang positif atau negatif. 

2. Jangan dahulu tenangkan diri, lebih baiknya Anda kerjakan ini 
Waktu kekhawatiran ada, insting pertama yang Anda alami ialah menentramkan diri. Tetapi, terkadang ini bukanlah langkah paling baik sebab kondisi itu malah dapat membuat Anda depresi. Mengapa? 

Anda memaksakan badan untuk lebih tenang waktu jantung serta adrenalin memompa keras. Ini ialah pekerjaan yang berat serta membuat satu orang condong melarikan diri dari perasaan yang tidak nyaman. 

Lalu, bagaimanakah cara paling baik menangani kekhawatiran? 

Bukannya menentramkan diri—mencoba menantang tanggapan badan waktu cemas—akan lebih baik bila Anda melampiaskan perasaan itu dengan fisik dengan lakukan pekerjaan lain yang memunculkan semangat. 

Itu berarti, Anda merubah kekhawatiran dengan mengubah perasaan itu jadi daya positif. 

Anda dapat mengalirkan kekhawatiran itu dengan menyanyi, mengalkulasi, atau bicara. Triknya, optimis diri kita jika Anda sedang semangat lakukan satu hal. 

3. Mengmelawan kekhawatiran jadi rintangan 
Setiap saat Anda kuatir, badan ada dalam model “siap” untuk selamatkan diri. Ini adalah tanggapan alami. 

Daripada melarikan diri mengikuti perasaan kekhawatiran, semakin lebih baik bila Anda merubah sudut pandang dengan jadikan hal itu jadi kesempatan Anda tunjukkan daya positif. 

Kekhawatiran membuat pandangan Anda pada satu hal jadi menakutkan, beresiko, serta penuh berprasangka buruk. Nah, waktu berikut Anda butuh merubah pandangan jadi sebaliknya, yakni hal itu penuh dengan kesempatan, kemauan, serta keringanan. 

Proses merubah pandangan berikut yang dikatakan sebagai rintangan yang perlu ditemui, bukan dijauhi. Dengan demikian, Anda dapat kuasai diri serta mengatur kekhawatiran lebih baik. 

4. Pikirkan keberhasilan 
Waktu kuatir, otak condong pikirkan beberapa peluang jelek yang akan berlangsung. Bukanlah membuat Anda tenang, ini justru membuat kekhawatiran makin lebih buruk. 

Supaya pandangan menjadi lebih positif, otak Anda pasti butuh tingkatkan beberapa pemikiran positif. Diantaranya, memikirkan keberhasilan yang pada akhirnya akan Anda capai. 

Anda dapat memikirkan keberhasilan ini dengan mendeskripsikan hal itu di otak Anda. Langkah berikut benar-benar ampuh untuk merubah kekhawatiran jadi daya positif. 

Saat memikirkan kesuksesa, Anda akan tingkatkan rasa yakin diri untuk hadapi kekhawatiran jadi rintangan yang perlu Anda lalui.

Tidak ada komentar