Breaking News

Mengapa Amazon Wajib Jadi Satu Destinasi Travelling Anda


Amazon ialah rimba hujan terluas di dunia. Daerah basin Amazon sendiri sampai 7,7 juta km. persegi atau 3x lipatnya daratan Indonesia. Sedang, untuk daerah sungainya sendiri adalah sungai paling besar di dunia. Dapat dipikirkan dong begitu luasnya Amazon? 

Jangan berpikir jika daerah Amazon tidak dapat didatangi lho. Amazon membelah daerah sembilan negara di lokasi Amerika Latin menarik ketertarikan beberapa pelancong untuk nikmati kehidupan flora serta fauna ciri khas, sekaligus juga berhubungan dengan masyarakat asli Amazon. 

Apa kelebihan Amazon yang membuat kamu harus kesana, minimum sekali seumur hidup? Berikut ke lima faktanya. 

1. Amazon terhitung dalam satu diantara keajaiban alam di dunia 

Tahun 2011, Amazon diputuskan jadi New 7 Wonders of Nature. Daerah Amazon sendiri terbagi dalam luas rimba hujan tropis yang sampai 5,5 juta yang dialiri sungai selama 6.992 km.. 

Amazon menaruh biodiversitas yang sangat kaya. Tidak bingung, rimba hujan Amazon dikatakan sebagai paru-paru dunia. 

Diluar itu, sungai Amazon sendiri adalah sungai paling tua ke-8 di dunia. Saluran sungai ini tercipta semenjak 200 juta tahun waktu lalu. 

2. Bermalam di lodge ditengah-tengah rimba 

Amazon memang terbagi dalam rimba serta sungai. Tetapi, Amazon memang jadi satu diantara tujuan yang banyak didatangi pelancong. Jadi, telah terdapat beberapa lodge yang berdiri di dataran tinggi di rimba Amazon. 

Bagaimana masalah sarana? Tentunya tidak ada listrik, koneksi internet, serta sambungan telephone. Sarana basic seperti tempat tidur serta kelambu (disana banyak nyamuk) serta kamar mandi tentu ada disana. 

Masalah makanan? Tiap koki di lodge telah terlatih menyediakan makanan lezat yang diproses dari beberapa bahan makanan yang gampang diketemukan di Amazon. 

3. Berjumpa dengan hewan-hewan ciri khas Amazon 

Kamu sudah pernah dengar hewan ciri khas apa yang hidup di Amazon? Mungkin kamu cuma familiar dengan ular anaconda serta ikan piranha. Walau sebenarnya, saat kamu bertandang ke Amazon, kamu dapat juga temukan spesies seperti burung woodpecker, monyet squirrel, sampai lumba-lumba berwarna merah jambu. 

Diluar itu, menurut beberapa orang asli sana, hewan yang hidup di siang serta malam hari di Amazon tentu berlainan. Wah, semakin ingin tahu nih! 

4. Berjumpa dengan masyarakat asli Amazon 

Seputar satu juta masyarakat asli yang terdiri dari 400 suku masih jadikan rimba Amazon jadi tempat mereka hidup serta menetap. Mereka ialah indigenous people yang hidup serta menghidupi Amazon. Beberapa dari mereka telah berkontak dengan dunia luar semenjak 500 tahun kemarin, sedang beberapa yang lain belum. 

Suku Yagua salah satu suku yang menempati rimba Amazon di daerah Peru yang telah berkontak dengan dunia luar. Golongan lelaki dewasa Yagua cuma kenakan rok memiliki bahan rumbia, sedang wanita cuma membalut badan sisi bawah dengan kain berwarna merah. Sesaat, beberapa anak kecilnya tidak kenakan apa-apa. 

Tetapi, ada pula lho masyarakat asli Amazon yang telah menggunakan pakaian. Menurut narasi wanita blogger Trinity Traveler yang sudah pernah bertandang ke Amazon, masyarakat di San Juan de Huashalado telah kenal sekolah, punyai lapangan serta gedung pertemuan, serta gereja. 

Mata pencahariannya, tidak dikit anak mudanya kerja di lodge seputar Amazon. 

5. Telusuri sungai serta rimba memakai perahu motor 

Amazon dapat membuat kamu merasakan makin jatuh hati dengan alam. Di siang atau malam hari, kamu dapat telusuri Amazon dengan memakai perahu motor. 

Sekalian telusuri sungai, kamu dapat memancing, berenang (berhati-hati bertemu piranha!), atau sebatas bercakap dengan sama-sama pelancong. Beberapa suara hewan yang hidup di rimba Amazon terdengar merdu serta membuat kamu lupa dengan hiruk pikuk di perkotaan. 

Nah, itu lima fakta yang akan mendorongmu untuk berkunjung ke Amazon sekali seumur hidup. Tetapi, hati-hatilah sepanjang disana. Tetaplah berlaku ramah pada alam serta masyarakat asli sana.

Tidak ada komentar