Breaking News

Mengenal Tugas dan Wewenang Spesialis Kedokteran Jiwa atau Psikiatri

Mengenal-Tugas-dan-Wewenang-Spesialis-Kedokteran-Jiwa-atau-Psikiatri

Spesialis kedokteran jiwa atau Psikiatri merupakan seorang dokter medis khusus yang memiliki bidang tersendiri yaitu kesehatan mental para pasiennya. Berbeda dengan seorang psikolog yang hanya memiliki kemampuan untuk menganalisa dan mempelajari perilaku serta pola pikir dari pasiennya, seorang psikiatri atau dokter jiwa memiliki kemampuan untuk menganalisis, mengobati serta mampu melakukan pencegahan terhadap adanya gangguan jiwa dalam diri seorang pasien. Dengan melakukan berbagai analisis dan pemeriksaan pada kondisi pasien yang di tanganilah, seorang psikiatri akan memberikan diagnosis dan obat untuk kondisi tersebut. Selain melakukan pengobatan, seorang psikiatri pun secara medis dapat memberikan pernyataan dan diagnosis, apakah penyakit mental tersebut akan memberikan dampak pada permasalahan kesehatan fisik lainnya. 

Secara umum seorang psikiatri akan melakukan praktek mereka di berbagai rumah sakit umum ataupun khusus untuk kejiwaan. Dalam melakukan pekerjaannya seorang psikiatri biasanya akan dibantu oleh tenaga medis lainnya seperti psikolog, perawat kejiwaan dan petugas medis lainnya yang terkait. Selain tenaga medis terkait dengan perawat kejiwaan, seorang psikiatri tentunya juga akan sering menjalin kerjasama dengan para pekerja sosial yang memang membidangi dan menangani permasalah kejiwaan di lingkungan masyarakat. 

Berikut ini beberapa gangguan kejiwaan yang kerap kali ditangani oleh spesialis kedokteran jiwa atau psikiatri, dimana gangguan ini dikelompokkan secara garis besar, yang antara lain adalah: 
  • Permasalah kejiwaan yang terkait dengan suasana hati para penderitanya. Gangguan ini dapat mempengaruhi kehidupan sehari-hari seseorang dan dapat mengakibatkan mereka tidak tertarik dengan kehidupan sehari-hari. Diagnosis yang termasuk dalam gangguan kejiwaan terkait dengan suasana hati ini adalah gangguan depresi dan bipolar. 
  • Gangguan kegelisahan, gangguan ini terkait dengan perasaan gugup yang berlebihan dan pada umumnya sering muncul ketika penderitanya menghadapi sebuah suasana baru ataupun pada keadaan tertentu. 
  • Gangguan kejiwaan terhadap pola makan, gangguan ini biasanya akan melibatkan tingkah laku seseorang terhadap makanan yang memang terkait secara langsung dengan berat badan. Yang termasuk dalam gangguan ini adalah anoreksia nervosa dan bulimia. 
  • Gangguan kepribadian, gangguan kejiwaan yang dimiliki oleh seorang penderita ini biasanya terkait dengan perilaku dan sikap aneh mereka, dimana nantinya perilaku aneh inilah yang akan memberikan pengaruh besar pada permasalah sosial dengan lingkungan sekitar. 

Selain permasalah kejiwaan seperti telah diuraikan diatas, sebetulnya masih terdapat banyak lagi gangguan kejiwaan yang memang menjadi bidang dari seorang psikiatri. Selain dapat memberikan diagnosa, seorang psikiatri pun dapat memberikan resep dan pengobatan secara medis. Hal inilah yang membedakan tugas dan wewenang dari seorang psikiatri dan psikolog pada umumnya, karena psikolog bekerja dengan sistem menganalisa dan hanya memberikan sistem konsultasi bagi para pasiennya. 

Untuk memastikan apakah seseorang butuh untuk menemui seorang psikiatri, sebaiknya kita mengenali gejala-gejala yang memang dapat mengakibatkan seseorang mengalami gangguan kejiwaan. Apabila muncul gejala yang memang tidak wajar dalam diri kita ataupun orang terdekat dalam menjalankan pola kehidupan sehari-hari seperti seringnya timbul kegelisahan, ataupun kebiasaan aneh lainnya, maka disarankan untuk segera mengkonsultasikan masalah tersebut pada seorang psikiatri. 

Berkonsultasi dengan spesialis kedokteran jiwa atau psikiatri bukan berarti Anda ataupun orang sekitar Anda merupakan pasien dengan gangguan kejiwaan yang berat atau yang sering distigmakan sebagai orang gila. Melakukan konsultasi kejiwaan dengan seorang psikiatri merupakan cara paling efektif untuk menjaga kesehatan jiwa dan mencegah terjadinya permasalahan yang lebih berat. Kondisi lingkungan yang nyaman merupakan kunci lain dalam menjaga kesehatan jiwa dan raga seseorang. 

Tidak ada komentar