Breaking News

Tips Membuat Jus yang Enak Menyehatkan dari Buah dan Sayur


Meskipun sehatkan, juice sayur dan buah juga bisa dapat mengakibatkan permasalahan kesehatan. Untuk bikin juice, umumnya Anda akan memakai buah dan sayur yang masih mentah. 

Ini sangat mungkin bakteri hidup di permukaannya. Saat tidak dicuci bersih, bakteri serta zat residu pestisida, masih mungkin melekat. 

Jika bakteri serta zat asing yang lain masuk ke badan, Anda dapat keracunan makanan. Pertanda keracunan makanan yang seringkali ada seperti muntah atau diare. Pada seorang yang skema kebal tubuhnya lemah, tanda-tanda yang ada dapat lebih kronis. 

Untuk menghindarkan hal tersebut, Anda harus benar-benar pastikan langkah membuat juice telah benar. Bagaimana cara-caranya? 

1. Pilih sayur dan buah yang fresh 

Bila Anda merencanakan membuat juice sayur, pilih sayuran yang masih fresh. Sayur yang telah layu, pasti kandungan nutrisinya telah menyusut. 

Pilih buah yang keadaannya telah masak. Tidak hanya rasa-rasanya lebih manis, buah yang telah masak umumnya lebih aman untuk pencernaan Anda. 

2. Bersihkan buah dan sayur sampai bersih 

Pastikan sayur dan buah dicuci secara benar adalah sisi dari langkah membuat juice yang sehat. Bakteri dapat melekat pada permukaan buah dan sayur. 

Bakteri bisa jadi terkena langsung dari tanah, waktu pembagian, atau di area untuk menyimpan. 

Ukuran bakteri benar-benar kecil, jadi tidak kelihatan oleh mata Anda. Walau buah keliatannya bersih, Anda perlu tetap mencucinya . Ditambah lagi, residu pestisida bisa jadi ketinggalan di permukaan buah dan sayur. 

Waktu membersihkan, gosok-gosokkan permukaan buah dan sayur dengan tangan Anda. Pakai air mengalir untuk membilasnya, supaya bakteri serta pestisida terbuang terikut bersama dengan air. 

Seterusnya, letakkan sayuran serta buah yang telah dicuci pada wadah yang kering serta bersih. 

3. Yakinkan tangan serta perlengkapan yang dipakai bersih 

Langkah membuat juice sehat seterusnya yang butuh Anda turuti ialah pastikan kebersihan perlengkapan yang dipakai. Baik itu wadah jus, pisau, sendok, serta gelas yang akan dipakai. 

Janganlah lupa untuk membersihkan tangan Anda sebelum membuat juice. 

4. Kupas kulit serta buang sisi yang telah layu atau rusak 

Sebelum dimasukkan ke jus, kupas lebih dulu sisi kulit buah. Maksudnya, supaya buah betul-betul bebas dari paparan bakteri serta kotoran. Buang sisi daging buah atau sayur yang telah rusak. 

Kualitas sayur dan buah yang baik pasti membuahkan juice yang lebih sehat serta nikmat. 

5. Batasi pemakaian pemanis penambahan 

Satu diantara langkah membuat juice sehat yang mungkin orang lupa ialah masalah gula penambahan. Semakin lebih baik bila Anda tidak memakai penambahan gula benar-benar saat membuat juice. 

Tetapi, bila ingin dikit manis, Anda mungkin dapat memakai madu daripada gula. Bila ingin menggunakan gula, pakai seperlunya. Kebanyakan memberikan tambahan gula dapat meningkatkan jumlahnya kalori juice.

Tidak ada komentar