Breaking News

Jangan Salah, Inilah 5 Tips Merawat Pakaian Olahraga yang Perlu Anda Terapkan


Berolahraga merupakan aktivitas yang penting untuk dilakukan secara rutin agar bisa tetap menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh Anda. Agar bisa berolahraga dengan nyaman, Anda memerlukan pakaian olahraga yang tepat dan nyaman. Saat ini ada banyak pakaian olahraga yang bisa Anda pilih sesuai gaya dan kebutuhan, seperti berbagai pakaian olahraga dari DK Sports

Merawat Pakaian Olahraga 

Pakaian olahraga yang Anda miliki juga harus dirawat dan dicuci dengan cara yang tepat agar bisa lebih awet dan tetap nyaman dipakai untuk aktivitas olahraga. Berikut beberapa tips untuk merawat pakaian olahraga yang benar. 

1. Pisahkan setelah dipakai 

Pakaian olahraga yang Anda gunakan untuk aktivitas olahraga akan menyerap banyak keringat dan menjadi lembab sehingga bisa menimbulkan tumbuhnya kuman dan bakteri. Jadi, ketika Anda selesai menggunakannya segera pisahkan pakaian olahraga tersebut dan jauhkan dari pakaian-pakaian Anda yang lain agar mencegah menyebarnya kuman dan bakteri. 

Jika Anda tidak sempat untuk langsung mencucinya, simpan pakaian olahraga tersebut dengan cara digantung, bukan dengan cara dilipat. Melipat pakaian olahraga yang lembab dengan keringat akan memicu tumbuhnya jamur pada lipatan-lipatan pakaian tersebut. 

2. Segera cuci dengan cara yang benar 

Lebih baik Anda segera mencuci pakaian olahraga setelah selesai digunakan. Pakaian olahraga yang disimpan terlalu lama setelah digunakan bisa menjadi tempat tumbuhnya berbagai kuman dan bakteri yang bisa menimbulkan jamur. Ketika mencuci pakaian olahraga, pastikan Anda tidak mencampurnya dengan pakaian Anda yang lain dan memisahkannya dari pakaian-pakaian yang mudah luntur. 

Jika pakaian olahraga Anda terkena noda yang cukup sulit hilang, Anda bisa merendamnya dengan air yang dicampur cuka terlebih dahulu selama kurang lebih tiga puluh menit. Perlu Anda ketahui juga bahwa pakaian olahraga memiliki jenis bahan yang beragam seperti berbagai varian pakaian olahraga dari DK Sports. 

Setiap bahan ini juga memiliki cara pencuciannya tersendiri. Misalnya untuk bahan spandex dan polyester yang harus Anda cuci dengan mode pencucian soft dan tidak boleh dicuci dengan waktu yang terlalu lama. 

3. Gunakan deterjen yang tepat 

Pemilihan deterjen yang tepat juga akan berpengaruh terhadap pakaian olahraga Anda. Karena pakaian olahraga yang sudah Anda gunakan menyerap banyak keringat, maka lebih baik Anda menggunakan detergen yang memiliki kandungan anti bakteri. 

Pilih juga deterjen dengan kandungan yang bisa menghilangkan bau agar bau keringat yang menempel bisa hilang dan pakaian olahraga Anda bisa kembali nyaman ketika dikenakan. 

4. Periksa label cara pencucian 

Biasanya untuk membunuh kuman-kuman atau bakteri yang menempel, Anda akan menggunakan cara dengan merendamnya di air panas. Namun terkadang cara merendam dengan air panas ini bisa merusak serat-serat kain pakaian olahraga Anda. Setiap pakaian olahraga mungkin memiliki cara pencucian yang berbeda. Maka, sebelum mencuci pakaian olahraga tersebut, periksalah terlebih dahulu label dan cara pencucian yang biasanya menempel pada bagian dalam pakaian. 

5. Keringkan dengan cara dijemur 

Mungkin Anda lebih suka mengeringkan pakaian di mesin cuci karena lebih cepat dan praktis. Namun mengeringkan pakaian olahraga menggunakan mesin cuci bisa membuatnya menjadi melar dan kehilangan elastisitasnya. Jadi, lebih baik Anda mengeringkan pakaian olahraga Anda dengan cara menjemurnya di bawah sinar matahari. 

Itulah beberapa tips merawat dan mencuci pakaian olahraga yang tepat. Dengan cara perawatan yang tepat, berbagai pakaian olahraga dari DK Sports dan pakaian-pakaian olahraga lain yang Anda miliki bisa awet dan nyaman untuk Anda gunakan. 

Tidak ada komentar