Breaking News

Tertarik Membuka Usaha Laundry? 3 Tips ini Bisa Membantu Anda

Tertarik-Membuka-Usaha-Laundry-3-Tips-ini-Bisa-Membantu-Anda
Indonesia memiliki dua musim yang selalu rutin berganti setiap tahunnya. Keduanya memberikan dampak baik maupun buruk. Musim kemarau menyebabkan kekeringan di beberapa tempat namun juga memberikan keuntungan karena dapat mengurangi longsor. Sedangkan musim penghujan dapat menyebabkan banjir namun juga memberikan peluang usaha bagi masyarakat. Penjual mesin cuci laundry misalnya, selalu mengalami peningkatan penjualan saat musim penghujan tiba.

Musim penghujan selalu menjadi musim penuh berkah. Mulai dari petani, pengusaha hingga penjual jas hujan menantikan musim ini. Identik dengan turunnya hujan, musim ini menyebabkan beberapa kendala pula untuk aktivitas. Ketika hendak pergi ke kantor di pagi hari hujan datang menghampiri. Ketika mau pulang terkadang hujan belum reda.

Bisnis Menjanjikan di Musim Penghujan

Selain menghambat aktivitas manusia, saat hujan, jemuran menjadi susah untuk kering. Padahal ada beberapa baju yang mesti segera untuk digunakan. Tidak masalah jika ada mesin cuci di rumah. Sebab ada alat pengering dalam mesin cuci yang bisa menyerap air dengan baik. Berbeda apabila Anda mencuci secara manual. Maka akan sulit untuk mengeringkannya. Alternatifnya adalah membawa pakaian Anda ke layanan laundry atau bisnis cuci pakaian.

Bisnis cuci pakaian atau laundry ini bisa mendapatkan pesanan dan untung yang tinggi saat musim penghujan. Meski begitu, usaha jenis ini juga memungkinkan berumur panjang karena setiap hari orang harus berganti pakaian sehingga laundry akan selalu diandalkan. Jika Anda berencana untuk membuka bisnis jenis ini, simak penjelasan di bawah ini terkait perlengkapan yang diperlukan untuk memulai usaha Anda.

1. Mesin cuci laundry

Untuk menghemat waktu dan tenaga, gunakanlah mesin cuci untuk membersihkan pakaian dari pelanggan Anda. Mesin cuci yang Anda beli biasanya memiliki garansi, sehingga tidak perlu khawatir jika terjadi kerusakan dalam waktu dekat usai pembelian. Saat membeli perhatikan kapasitas dari mesin cuci tersebut. Selain itu perhatikan pula tahun pembuatan, merk dan tentunya harga. Sesuaikan anggaran untuk membeli mesin cuci laundry dengan anggaran usaha Anda.

2. Sabun cuci

Tentu ini menjadi perlengkapan wajib yang harus ada di bisnis cuci pakaian Anda. Sebagai pembersih, sabun cuci dapat Anda beli dalam jumlah banyak sekaligus. Carilah supplier terpercaya, biasanya semakin banyak sabun cuci yang dibeli harganya akan semakin murah karena mendapatkan diskon. Selain itu, pilihlah sabun cuci yang tepat dengan melihat reviewnya terlebih dahulu di internet. Jika Anda bingung, tidak ada salahnya bertanya ke supplier.

3. Setrika

Layanan yang disediakan oleh laundry biasanya tidak hanya mencuci, melainkan ada beragam pilihan. Biasanya pilihan tersebut adalah cuci kering, cuci setrika atau cuci basah. Untuk menyediakan layanan cuci setrika Anda harus menyediakan setrika terlebih dahulu. Carilah setrika yang permukaannya dapat panas dengan cepat. Selain itu, pilihlah yang membutuhkan kapasitas daya rendah.

Sebagai teman dari setrika, sediakan pula pewangi baju. Anda dapat memberikan pewangi pada pakaian melalui berbagai cara. Saat disetrika atau merendam pakaian dengan pewangi saat selesai dicuci maupun berbarengan saat mencuci baju.

Untuk memulai bisnis cuci pakaian atau laundry ini dapat melakukan promosi melalui media sosial. Selain itu sediakan berbagai layanan tambahan seperti antar jemput cucian, kupon service atau layanan lain yang sesuai dengan lingkungan tempat Anda mendirikan bisnis laundry tersebut. Mesin cuci laundry, setrika dan sabun cuci hanyalah kebutuhan pokok. Masih ada perlengkapan sekunder dan tersier yang harus disiapkan.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda yang akan memulai bisnis laundry, ya.

Tidak ada komentar