Breaking News

Info SehatQ tentang 6 Tips Mengurangi Risiko Penularan Covid-19 di Kantor


Keadaan pandemi sepertinya belum ada tanda menurun. Namun, banyak kantor sudah menerapkan kerja dari kantor kembali. Dikutip dari SehatQ.com, kantor dapat menjadi tempat yang mudah menularkan virus corona secara cepat. Pada artikel kesehatan yang membahas mengenai penyebab penyebaran virus corona di kantor tersebut, seseorang akan cepat tertular sebanyak 18,7 kali di kantor karena berada di ruangan tertutup.
 

Kurangi Risiko Penularan Covid-19

Agar Anda dan kolega di kantor sama-sama terlindungi dari virus corona pada saat di kantor, ada beberapa tips pencegahan berdasarkan Kementrian Kesehatan RI. Tips tersebut antara lain:
 

1. Ganti Masker Setiap Empat Jam atau Saat Basah

Selalu gunakan masker ketika berada di kantor. Idealnya, gantilah masker setiap tiga atau empat jam sekali. Bila masker terasa basah dan tidak nyaman digunakan, segeralah mengganti dengan yang baru. Oleh karena itu, bawalah masker cadangan sebanyak dua atau tiga buah.
 
Apabila masker Anda adalah masker kain yang bisa dicuci kembali, simpanlah masker yang sudah dipakai dengan wadah plastik kedap udara atau wadah yang dapat tertutup rapat. Usahakan selalu menggunakan masker di kantor setiap saat, terutama ketika berbicara di forum atau dengan kolega.
 
akan bersama dengan teman sekantor sebaiknya dihindari terlebih dahulu. Usahakan mencari tempat makan dengan ruang terbuka sehingga Anda dapat nyaman ketika melepas masker. Gunakanlah masker yang baru setelah selesai makan.
 

2. Membersihkan Permukaan dengan Disinfektan

Bawalah selalu semprotan disinfektan di dalam tas kerja Anda. Anda juga dapat meletakkan semprotan disinfektan di meja kerja. Selalu bersihkan permukaan meja kerja, meja pantry, atau permukaan-permukaan yang sering dijamah orang lain terutama tombol lift dan gagang pintu.
 
Anda juga dapat menggunakan alcohol swab atau tisu basah untuk mengelap meja, keyboard komputer, dan gagang pintu.
 

3. Mengusahakan Ada Aliran Udara dan Sinar Matahari

Ketika berada di kantor, diskusikanlah dengan teman-teman kantor dan atasan Anda untuk sesekali membuka jendela sehingga ada sirkulasi udara yang baik di dalam ruangan. Dari artikel di SehatQ.com, artikel kesehatan tersebut menyatakan bahwa sebagian besar kluster penyebaran virus corona di China dipicu oleh ruangan tertutup.
 
Diskusikan hal ini dengan teman-teman seruangan Anda sehingga Anda dapat bekerja sama untuk penekanan risiko virus di ruangan tertutup.
 

4. Rutin Mencuci Tangan

Meski Anda tidak berjabat tangan atau sudah mengelap meja maupun permukaan lain, usahakan untuk tetap mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Anda dapat membawa sabun cuci tangan sendiri yang cocok dengan kulit tangan, sehingga menurunkan risiko iritasi.
 
Bawalah selalu hand sanitizer di tas agar dapat digunakan sewaktu-waktu apabila tidak dekat dengan sumber air. Pastikan Anda tidak menyentuh mata, mulut, atau hidung dengan tangan yang kotor atau belum dicuci. Selain itu, jangan menyentuh masker ketika digunakan karena kemungkinan sudah ada bakteri atau virus yang menempel di masker.
 
Sebaiknya Anda juga tidak menyentuh berbagai fasilitas yang digunakan bersama di kantor, misalnya peralatan makan. Oleh sebab itu, bawalah peralatan makan atau bekal sendiri. Jika tidak sempat membawa bekal, Anda dapat menggunakan layanan pesan antar.
 
Gunakan Lengan atau Siku untuk Membuka Pintu
Agar mengurangi risiko penularan virus melalui sentuhan tangan, Anda dapat menggunakan siku atau lengan untuk membuka pintu. Apabila harus menggunakan sidik jari seperti absensi, Anda harus segera mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer.
 
Anda juga dapat menggunakan alat membuka pintu atau untuk menekan tombol lift. Alat ini berbentuk sepeti kait yang dipegang oleh jari untuk mendorong atau membuka gagang pintu.
 
Ikutilah juga aturan protokol kesehatan lainnya sesuai dengan petunjuk kantor Anda, seperti menjaga jarak minimal 1,5m atau tidak berkerumun. Anda dapat membaca artikel kesehatan lain di SehatQ.com untuk info lain mengenai pencegahan virus corona.

Tidak ada komentar