Breaking News

Jangan Salah Sebut, Kenali Ragam Jenis Truk di Area Pertambangan


Berbagai alat berat dengan ukuran besar sering kali ditemukan di area pertambangan. Berbagai fungsi dan jenis muatan yang diangkut tentunya menjadi alasan mengapa jenis alat berat terbilang banyak rupanya. Salah satu contohnya adalah Dump Truk pilihan terbaik yang dimana sudah dirancang sebagai truk untuk memuat barang dalam jumlah yang besar tapi tahukah Anda bahwa ada beberapa varian dump truk?Namun jika dilihat dari mata awam pasti sulit untuk menyebut dengan pasti jenis dump truk yang digunakan di tiap area galian.

Apakah dapat dibedakan berdasarkan fungsi saja, atau justru dari ukurannya? Simak uraian ragam jenis truk yang dikelompokkan dalam beberapa kategori agar lebih mudah mengenalinya;

1. Cara Mengosongkan Muatan

Truk di area pertambangan tentu difungsikan untuk mengangkut hasil pertambangan dan memindahkannya ke area lain. Proses ini akan berlangsung terus menerus sampai hasil tambang selesai di gali. Maka dari itu, proses pengosongan yang sesuai pastinya menjadi salah satu alasan pemilihan truk tertentu. Seperti misalnya dump truk yang disebut dengan End Dump, dimana cara mengosongkan muatan yakni dengan membuang isinya kebelakang. Jenis dump truk ini menjadi salah satu yang paling sering digunakan karena kemudahannya. Namun ada juga dump truk yang disebut dengan Side Dump, di mana muatan dapat dikeluarkan melalui sisi samping truk dan Buttom Dump yang bagian bawahnya dapat dibuka. Biasanya pemilihan dump truk yang berdasarkna cara pengosongan dilakukan dengan melihat lokasi, apakah lapang, sempit ataupun memanjang.

2. Besar dan Volume Muatan

Barang tambang yang akan diangkut oleh dump truk tentunya memiliki berat dan ukuran volume yang beragam. Hal ini juga mempengaruhi jenis dump truk yang dipakai, sehingga biasanya penambang menyediakan beberapa ukuran dump truk yang bisa digunakan dalam bekerja tergantung kebutuhan. Dump truk bermuatan kecil bisa mengangkut kapasitas maksimum hingga 25 ton. Sedangkan yang besar bisa menembus angka lebih dari 100 ton. Sedangkan yang berdasarkan volume, ada yang memiliki volume muatan 20 m3 sampai di atas 20 m3.

3. Tenaga Penggerak

Tenaga penggerak yang diletakan dimasing masing roda ternyata memiliki hasil output yang berbeda beda pada tiap dump truk. Contohnya saja, pada dump truk jenis Front Wheel Drive, di mana tenaga penggerak ada di bagian roda depan membuat kendaraan cenderung berjalan lebih lambat dibanding jenis yang lain ditambah lagi beban angkutan membuat roda umumnya lebih cepat halus. Jenis yang lebih umum digunakan adalah Rear Wheel Drive, yakni tenaga penggerak ada pada roda belakang. Sisanya ada Four Wheel Drive, tenaga penggerak di bagian roda depan dan belakang serta Double Rear Wheel Drive dengan tenaga penggerak ada pada kedua pasang roda bagian belakang.

Berbagai jenis dump truk ini tidak hanya disesuaikan berdasarkan fungsi dan medan tambang, namun juga harus sesuai dengan keahlian driver truk. Keselamatan dalam bekerja tetap menjadi pegangan utama, agar kegiatan bisnis dapat terus berjalan dengan baik.

Tidak ada komentar